Bollywood !! Hayooo apa yang terpikirkan oleh Anda saat melihat kata tersebut? Apakah karna aktor aktris nya yang enak dipandang?? Ataukah karna musik lagu-lagu nya yang sedap didengar?? :p
Berikut ane kasi lirik-lirik lagu India fenomenal beserta makna liriknya.. Check it out :)
KUCH KUCH HOTA HAI
Tum paas aaye, yun muskuraaye - 2 (You came close to me, smiled ever so sweetly)
Tumne na jaane kya sapne dikhaaya) - 2 (You gave me dreams)
Ab to mera dil jaage na sota hai (These days my heart is neither awake nor asleep)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai - 2 (What should I do, something happens in my heart)
Tum paas aaye, yun muskuraaye (You came close to me, smiled ever so sweetly)
Tumne na jaane kya sapne dikhaaya (You gave me dreams)
Ab to mera dil jaage na sota hai (These days my heart is neither awake nor asleep)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai - 2 (What should I do, something happens in my heart)
Na jaane kaisa ehsaas hai (Oh, what a feeling this is)
Bujhti nahin hai kya pyaas hai (What is this unquenchable thirst)
Kya nasha is pyaar ka, mujhpe sanam chhaane lage (I don't know, the drunken stupor of love has spread upon me)
Koi na jaane kyoon chain khota hai (No one knows, why one loses one’s peace when in love)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai (What should I do, something happens in my heart)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai (What should I do, something happens in my heart)
Kya rang laayi meri dua (My prayers have been answered)
Yeh ishq jaane kaise hua (God knows when and how I fell in love)
Bechainiyon mein chain, na jaane kyoon aane lage (I wonder how I found peace in turmoil)
Tanhaai mein dil yaadein sanjota hai (I sit alone, weaving memories)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai (What should I do, something happens in my heart)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai (What should I do, something happens in my heart)
Tum paas aaye, yun muskuraaye (You came close to me, smiled ever so sweetly)
Tumne na jaane kya sapne dikhaaya (You gave me dreams)
Tum paas aaye, yun muskuraaye (You came close to me, smiled ever so sweetly)
Tumne na jaane kya sapne dikhaaya (You gave me dreams)
Ab to mera dil jaage na sota hai (These days my heart is neither awake nor asleep)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai (What should I do, something happens in my heart)
Kya karoon haaye, kuch kuch hota hai (What should I do, something happens in my heart)
KOI MIL GAYA
Koi mil gaya (I've found someone)
Koi mil gaya (I've found someone)
Koi mil gaya ? (I've found someone ?)
Mujhko kya hua hai, kyon main kho gaya hoon (What's come over me, why do I feel so lost)
Paagal tha main pehle, ya ab ho gaya hoon (Either I was insane earlier, or I've just become so)
Behki hai nigahein aur bikhre hain baal (Dreamy eyes and unkempt hair)
Tumne banaya hai kya apna ye haal (What have you done to yourself)
Koi mil gaya - 2 (I've found someone)
Mera dil gaya - 2 (I've lost my heart)
Kya bataoon yaaron - 2 (What can I tell you my friends)
Main to hil gaya - 2 (I'm all shook up)
Koi mil gaya mil hi gaya, hey mil hi gaya (I've found someone)
Mujhko kya hua hai, arre kyon main kho gaya hoon (I don't know what's happened to me, why do I feel so lost)
Paagal tha main pehle, ya ab ho gaya hoon (Either I was insane earlier, or I've just become so)
Behki hai nigahein aur bikhre hain baal (Dreamy eyes and unkempt hair)
Tumne banaya hai Kya apna ye haal (What have you done to yourself)
Koi mil gaya - 2 (I've found someone)
Mera dil gaya - 2 (I've lost my heart)
Kya bataoon yaaron - 2 (What can I tell you my friends)
Main to hil gaya - 2 (I'm all shook up)
Koi mil gaya (mil hi gaya - 2) (I've found someone)
Jaane kya ho gaya hai mujhe (I don't know what's happened to me)
Deewana log kehne lage (People have begun calling me crazy lover)
Ye deewangi hai kya (And why is that so)
Hum mein bhi to ho pata, tumko kya ho gaya (We should also know, what's happen to you)
Arre kal tak mujhko sab hosh tha (Till yesterday I was quite fine)
Dil mein khushiyon ka josh tha (My heart was filled with happiness divine)
Phir ye becheini hai kyon (Then why are you upset)
Phir ye betaabi hai kyon (What are you disturbed about)
Kya koi kho gaya (Have you lost something)
Koi mil gaya - 2 (I've found someone)
Mera dil gaya - 2 (I've lost my heart)
Kya bataoon yaaron - 2 (What can I tell you my friends)
Main to hil gaya - 2 (I'm all shook up)
Koi mil gaya (mil hi gaya - 2) (I've found someone)
Baadal banke kaun aa gaya (Who's this disguised as a cloud)
Kaun hai jo dil pe yoon chha gaya (Who has come and taken over my heart)
Chaahoon ki bataoon main phir bhi keh na paoon main (I would like to say it)
Naam uska hai kya (but I can't name it)
O naam na lo par kuchh to kaho, halka sa koi ishaara to do (Don't name it but say something, give us a slight clue)
Meri aankhon mein hai vo (It's in my eyes)
Meri saanson mein hai vo (It's in my heart)
Aur kahoon tumse kya (What can I tell you friends)
Koi mil gaya - 2 (I've found someone)
Mera dil gaya - 2 (I've lost my heart)
Kya bataoon yaaron - 2 (What can I tell you my friends)
Main to hil gaya - 2 (I'm all shook up)
Koi mil gaya (mil hi gaya - 2) (I've found someone)
Muhko kya hua hai (I don't know what's happened to me)
Kyon main kho gaya hoon (Why am I so lost)
Paagal tha main pehle ya ab ho gaya hoon (Either I was insane earlier or I've become so now)
Behki hain nigahein aur bikhre hain baal (Dreamy eyes and unkempt hair)
Tumne banaya hai kya apna ye haal (What have you done to yourself)
Koi mil gaya - 2 (I've found someone)
Arre mera dil gaya - 2 (I've lost my heart)
Kya bataoon yaaron - 2 (What can I tell you my friends)
Main to hil gaya - 2 (I'm all shook up)
Koi mil gaya mil hi gaya (I've found someone)
LADKI BADI ANJAANI HAI
Ladki badi anjani hai (There is a remarkable girl)
Sapna hai sach hai kahani hai (She's a dream, she's a perfection, she's a fairy tale)
Dekho yeh pagli Bikhul na badli (Look this silly one hasn't changed at all)
Yeh to vahi deewani hai (She's still the same crazy one)
Ladka bada anjana hai (There is a remarkable boy)
Sapna hai sach hai fasana hai (He's a dream, he's a perfection, he's a story)
Haa..haa yeh pagla bilkhul na badla (Yes..yes this silly one hasn't changed at all)
Yeh to vahi deewana hai (He's still the same crazy one)
Pase rehke bithi doori (We were close and yet so far)
Jane kaise demajboori (Those were strange circumstances)
Waqt woh bhi ajeeb tha (Those were strange times)
Jab tu mere kareeb tha (When you were so close)
Ko gaye tu yeh kis jahame (Where are you lost to)
Main yaha ho, dekhe to zara (I'm right here, if only you would look)
Bheed mein bhi thi tanhai (I was lonesome even in a crowd)
Yaad har pal teri aaye (You were forever in my memory)
Rokey koi mujhe zara (If someone stops me now)
Bhar na aaye yeh dil mera (My heart will brim over)
Behke behke meri khadam hai (I can't stand steady)
Aisa me to zamana to zara (Only you can help me now)
Ladki badi anjani hai (There is a strange girl)
Sapna hai sach hai kahani hai (She's a dream, she's a perfection, she's a fairy tale)
Haa..haa yeh pagla, bilkhul na badla (Yes..yes this mad one, he hasn't changed)
Yeh to vahi deewana hai (He's still the same crazy one)
Tumne na jaane kya sapne dikhaaya (You gave me dreams)
Jagena sota hai (I'm neither awake nor asleep)
Kuch kuch hota hai... (Something's happen in my heart...)
TUJHE DEKHA TO YEH JAANA SANAM
Tujhe dekha to yeh jaana sanam... pyaar hota hai deewana sanam
(When I saw you, I understood this my love... that love is madness)
Lorsque je t'ai vue, je me suis rendue compte ma chérie... que l'amour c'est de la folie
Ab yahan se kahan jaaye hum, teri baahon mein mar jaaye hum
(I don't want to go anywhere, just let me die in your arms)
Je ne veux aller nulle part, laisse-moi mourir dans tes bras
Aankhen meri, sapne tere
(In my eyes, there are your dreams)
Dans mes yeux, ce sont tes rêves
Dil mera, yaadein teri
(My heart holds memories of you)
Mon coeur se souvient de toi
O mera hai kya, sab kuch tera
9Nothing is mine, it's all yours)
Rien n'est à moi, tout t'appartient
Jaan teri, saansein teri
(My life is yours, my very breath is yours)
Ma vie est à toi, mon souffle est à toi
Meri aankhon mein aansu tere aa gaye, muskuraane lage saare gham
(When I weep, you came, and all my sorrows begin to smile)
Quand je pleure, tu es venu, et toutes mes peines se mettent à sourire
Yeh dil kahin lagta nahin
(My heart won't settle anywhere else without you)
Ce coeur n'est rien sans toi
Kya kahoon, main kya karoon
(What shall I say, what shall I do)
Que faire, que dire
Haan, tu saamne baithi rahe, main tujhe dekha karoon
(Stay seated in front me, so I might look at you always)
Devant moi, assieds-toi, laisse-moi seulement te regarder
Tune aawaaz di, dekh main aa gayi
(You called out to me, and look here I'm)
Tu m'as appelée, regarde je suis là
Pyaar se hai badi kya kasam
(What greater than the promise to love)
Quel voeu est plus important que l'amour
Tujhe dekha to yeh jaana sanam... pyaar hota hai deewana sanam......
(When I saw you, I understood this my love... that love is madness)
Lorsque je t'ai vue, je me suis rendue compte ma chérie... que l'amour c'est de la folie
SURAJ HUA MADDHAM
--MALE--
Suraj hua maddham, chaand jalne laga
(The sun has dimmed, the moon has begun to burn)
Aasmaan yeh haai kyoon pighalne laga) - 2
(Oh, why has the sky begun to melt?)
Main thehra raha, zameen chalne lagi
(I am standing still, the earth has begun to move)
Dhadka yeh dil, saans thamne lagi
(My heart has beat, my breath has begun to stop)
Oh, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai (Oh, is this my first love?)
Sajna, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Darling, is this my first love?
)
--FEMALE--
Ho oh oh, oh oh oh oh oh, aa aa aa aa aa aa
Suraj hua maddham, chaand jalne laga
(The sun has dimmed, the moon has begun to burn
)
Aasmaan yeh haai kyoon pighalne laga
(Oh, why has the sky begun to melt?)
Main thehri rahi, zameen chalne lagi
(I am standing still, the earth has begun to move
)
Dhadka yeh dil, saans thamne lagi
(My heart has beat, my breath has begun to stop)
Haan, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Yes, is this my first love?
)
Sajna, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Darling, is this my first love?)
--MALE--
Hai khoobsurat yeh pal, sab kuch raha hai badal
(This moment is beautiful, everything is changing
)
Sapne haqeeqat mein jo dhal rahe hai
(Dreams are falling into real life)
Kya sadiyon se puraana hai rishtaa yeh hamaara
(Is this bond of ours centuries old?
)
Ke jis tarha tumse hum mil rahe hai
(For in such a way I am meeting you)
--FEMALE--
Yunhi rahe har dam pyaar ka mausam
(Love's season will remain like this always
)
Yunhi milo humse tum janam janam
(Meet me like this, birth after birth)
--MALE--
Main thehra raha, zameen chalne lagi
(I am standing still, the earth has begun to move
)
--FEMALE--
(La la la, la la la, la la la)
--MALE--
Dhadka yeh dil, saans thamne lagi (My heart has beat, my breath has begun to stop
)
--FEMALE--
Haan, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Yes, is this my first love?
)
Sajna, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Darling, is this my first love?)
Tere hi rang se yun main to rangeen hoon sanam
(Only with your color am I this colorful, lover
)
Paake tujhe khud se hi kho rahi hoon sanam
(Having gained you, I am losing myself, lover)
O maahiya, ve tere ishq mein haan doobke
(Oh darling, having drowned in your love
)
Paar main ho rahi hoon sanam
(I am becoming the shore, lover)
--MALE--
Saagar hua pyaasa, raat jagne lagi
(The ocean has become thirsty, night has begun to awaken
)
Sholo ke dil mein bhi aag jalne lagi
(Even in the heart of a flame, fire erupted)
--FEMALE--
Main thehri lagi, zameen chalne lagi
(I am standing still, the earth has begun to move
)
Dhadka yeh dil, saans thamne lagi
(My heart has beat, my breath has begun to stop)
--MALE--
Kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Is this my first love?
)
--FEMALE--
Sajna
(Darling
)
--BOTH--
Kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Is this my first love?
)
--MALE--
Suraj hua maddham
(The sun has dimmed
)
--BOTH--
Chaand jalne laga
(The moon has begun to burn)
--MALE--
Aasmaan yeh haai
(The sky
)
--BOTH--
Kyoon pighalne laga
(Why has it begun to melt?
)
--MALE--
Sajna, kya yeh mera pehla pehla pyaar hai
(Darling, is this my first love?)
Selasa, 19 Maret 2013
Senin, 18 Maret 2013
Apakah Air Es Membuat Perut Menjadi Buncit?
Pertanyaan
ini sangat menarik dan sangat sering dipertanyakan oleh banyak orang
yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badannya. Banyak asumsi bahwa
lemak akan membeku apabila terkena air es.
Banyak contoh yang terjadi ketika makanan mulai dingin dan lemaknya mulai keliatan menggumpal, apalagi kalau disimpan di lemari es. Banyak hal tersebut membuat informasi ini semakin menyebar tanpa adanya keterangan yang memadai.
Satu hal yang sering saya katakan, bagi yang percaya bahwa air es membekukan lemak, adalah bahwa mereka tidak bisa membedakan kulkas dengan perut manusia. Es batu, ditaruh di suhu ruangan saja, dengan temperature 20C, akan meleleh. Mana mungkin yang sebongkah es saja tidak mampu mempertahankan bentuknya sebagai es batu, malah bisa membuat zat lain membeku?
Pertanyaannya adalah, apakah ketika es/air dingin tersebut dimasukkan ke dalam perut manusia, dengan suhu 37C (jauh lebih panas daripada suhu ruangan) masih bisa membekukan lemak?
Kita lihat dari sudut pandang ilmiahnya, ketika kita minum air es, dan setelah itu kita buang air kecil. Apakah urine kita tetap dingin? Atau berubah menjadi hangat? Tentu urine kita akan menjadi hangat kan, yang berarti tubuh akan menghangatkan air es/dingin yang masuk ke badan kita sebelumnya (bukan air es tersebut membekukan lemak di tubuh kita).
Sekarang kita sedikit bermain dengan logika sederhana.
- Air es misalnya kita anggap suhunya 0 Celcius
- Suhu tubuh kita adalah 37 Celcius
- Dibutuhkan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1gram air sebesar 1C
- Misalnya kita minum 400 gram air atau 400ml
Misalnya kita meminum 400ml air es dan badan kita harus meningkatkan suhunya dari 0C ke 37C, maka tubuh butuh membakar kalori sebesar 14,800 kalori. Atau dalam satuan Kalori yang kita biasa kenal, kita membakar 14.8 Kalori.
Kalau sehari kita minum 2000ml air es, maka kita akan membakar sekitar 74 Kalori. (Kalori = 1000 kalori). Dalam 1 hari mungkin 74 Kalori tidak akan kelihatan, tetapi dalam 1 bulan itu sudah berarti 2,220 Kalori.
Tentunya menurunkan berat badan tidak bisa hanya tergantung pada minum air es saja, tetap dibutuhkan diet yang sehat dan olahraga yang rutin. Tetapi saat ini Anda sudah mengerti bahwa minum air es ternyata tidak menggemukkan, malah membantu membakar kalori!
So Enjoy Your Ice Water :)
Banyak contoh yang terjadi ketika makanan mulai dingin dan lemaknya mulai keliatan menggumpal, apalagi kalau disimpan di lemari es. Banyak hal tersebut membuat informasi ini semakin menyebar tanpa adanya keterangan yang memadai.
Satu hal yang sering saya katakan, bagi yang percaya bahwa air es membekukan lemak, adalah bahwa mereka tidak bisa membedakan kulkas dengan perut manusia. Es batu, ditaruh di suhu ruangan saja, dengan temperature 20C, akan meleleh. Mana mungkin yang sebongkah es saja tidak mampu mempertahankan bentuknya sebagai es batu, malah bisa membuat zat lain membeku?
Pertanyaannya adalah, apakah ketika es/air dingin tersebut dimasukkan ke dalam perut manusia, dengan suhu 37C (jauh lebih panas daripada suhu ruangan) masih bisa membekukan lemak?
Kita lihat dari sudut pandang ilmiahnya, ketika kita minum air es, dan setelah itu kita buang air kecil. Apakah urine kita tetap dingin? Atau berubah menjadi hangat? Tentu urine kita akan menjadi hangat kan, yang berarti tubuh akan menghangatkan air es/dingin yang masuk ke badan kita sebelumnya (bukan air es tersebut membekukan lemak di tubuh kita).
Sekarang kita sedikit bermain dengan logika sederhana.
- Air es misalnya kita anggap suhunya 0 Celcius
- Suhu tubuh kita adalah 37 Celcius
- Dibutuhkan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1gram air sebesar 1C
- Misalnya kita minum 400 gram air atau 400ml
Misalnya kita meminum 400ml air es dan badan kita harus meningkatkan suhunya dari 0C ke 37C, maka tubuh butuh membakar kalori sebesar 14,800 kalori. Atau dalam satuan Kalori yang kita biasa kenal, kita membakar 14.8 Kalori.
Kalau sehari kita minum 2000ml air es, maka kita akan membakar sekitar 74 Kalori. (Kalori = 1000 kalori). Dalam 1 hari mungkin 74 Kalori tidak akan kelihatan, tetapi dalam 1 bulan itu sudah berarti 2,220 Kalori.
Tentunya menurunkan berat badan tidak bisa hanya tergantung pada minum air es saja, tetap dibutuhkan diet yang sehat dan olahraga yang rutin. Tetapi saat ini Anda sudah mengerti bahwa minum air es ternyata tidak menggemukkan, malah membantu membakar kalori!
So Enjoy Your Ice Water :)
Kamis, 31 Januari 2013
Tips lolos psikotes
Phsicology
Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan
penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada
“ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor dapat memutarbalikan
perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan
perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan
berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum
ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah
mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan.
Memang ini ironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena
tersendiri bagi para pelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal
serupa, untuk kemudian harus bangkit melalui proses “learning by doing”.
Penulis bukan seorang psikiater maupun phsicology tester, namun
beberapa tips yang akan dishare berikut ini, berdasarkan pengalaman
penulis ketika menghadapi psikotes, diharapkan mampu membantu mengurangi
kegagalan psikotes Anda:
1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah
kemampuan analisa anda dalam memahami polapola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan halhal lain berdasarkan pola tersebut. Tipsnya:
1)
jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika
saja yaitu jangan terpaku pada 3 4 angka terdepan dalam deret namun
adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa
urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.
2) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal
yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di
bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di
bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
3) Anda bisa melatih
kemampuan anda ini dari bukubuku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur.
Contoh:
16 8 4 2 1 1/2 C C
45 15 18 6 9 3 C C
kemampuan anda ini dari bukubuku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur.
Contoh:
16 8 4 2 1 1/2 C C
45 15 18 6 9 3 C C
2. Tes Logika Penalaan.
Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin
diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami
polapola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian
melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi,
hatihati dan teliti. Karena bentukbentuk yang ditawarkan hampir serupa
walau tak sama.Contoh:
3. Analog Verbal Test.
Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu
kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap
sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebabakibat
suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi
dan logika, anda bisa membypassnya dengan menghafal soal dan jawaban.
Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan
relatif sama. Contoh:
wanita : kebaya = pria :
a. sepatu b. baju c. topi d. jas
kubus : pyramid = empat persegi :
a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga
a. sepatu b. baju c. topi d. jas
kubus : pyramid = empat persegi :
a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga
4. Kraeplien/Pauli.
Tes ini terdiri atas gugusan angkaangka yang tersusun secara membujur
(atasbawah) dalam bentuk lajurlajur. Calon pegawai diminta untuk
menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap
kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah
konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya
penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu
pekerjaan. Tipsnya :
1)
Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan
pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan
waktu. Pensil mekanis membutuhkan direload ketika ujung granitnya habis,
mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.51 detik. Apabila anda
melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 510
detik.
2)
Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masingmasing kolom stabil.
Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal
tes namun tergopohgopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri
anda untuk menghemat tenaga.
3)
Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil
penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk
cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan
itu berarti justru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda
tidak alami. 4) Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein
adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan
tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu
kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan
dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi
anda.
5. Wartegg Test. Tes
ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukanbentukan tertentu seperti
titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong,
dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis
melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan
gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling
disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam
tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.
Contoh:
Tipsnya adalah:
1) Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan
acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.
acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.
2)
Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena
beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi
seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah
digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:
6. Draw A Man Test (DAM). Tes
ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda
deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini
dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri,
kestabilan dan ketahanan kerja. Tipsnya:
1)
Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke
ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga.
2)
Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas,
misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang
menenteng koper dsb.
7. Army Alpha Intelegence Test. Tes
ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan
deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya.
Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam
menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya :
konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak
akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat
terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai
memberikan instruksi. Contoh:
Narator
akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam
kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!”
dan pada lembar jawaban akan diberikan gambar sebagai berikut:
8. Menggambar Pohon. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria :
berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda
menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl
lainnya. Tipsnya :
berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda
menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl
lainnya. Tipsnya :
1) Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu
menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.
menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.
2)
Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan
menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut
seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur
pohon.
3)
Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari
karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda
dengan mengacu pada foto tersebut.
Buat ente yang bingung dengan Psikotes menggambar pohon.
Seringkali kita mengikuti suatu psikotes dalam rangka tes kerja. Pohon apa yang kita gambar, tentu
mencerminkan bagaimana kepribadian kita.
Berikut ini ane akan mencoba berbagi tentang apa arti pohon yang ente gambar tersebut.
Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas
* Di tengah Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.
* Di bagian bawah Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.
* Tinggi di atas Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.
--------------------------------------------------------------------
Batang pohon seperti apa yang anda gambar?
* Lebar Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.
* Ramping Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.
* Pohon bercabang di puncak Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini
-------------------------------------------------------------------
Berapa tinggi pohon anda?
* Lebih dari setengah tinggi kertas Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.
* Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.
--------------------------------------------------------------------
Pohon anda terletak di mana?
* Di tanah Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.
* Di pot Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.
* Di puncak gunung Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.
* Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya) Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.
* Di pulau Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda
----------------------------------------------------------------------
Apakah pohon anda mempunyai dahan?
* Ya Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.
* Tidak Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.
--------------------------------------------------------------------
Pohon anda condong ke arah mana?
* Ke kiri Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.
* Ke kanan Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.
* Lurus Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.
-------------------------------------------------------------------
Apakah anda menggambar akar?
* Ya Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.
* Tidak Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.
---------------------------------------------------------------------
Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?
* Ya Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.
* Tidak Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.
--------------------------------------------------------------------
Apakah anda menggambar yang lain selain pohon?
*Buah / kacang pada pohon Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.
*Rumput di bawah Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.
*Ada bunga di bawah pohon Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).
*Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.
*Ada ayunan di pohon Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.
9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes
ini terdiri atas pilihanpilhan jawaban yang paling mencerminkan diri
anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi,
kebutuhan dan motif seseorang. Tipsnya:
1)
Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda,
setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di
nomornomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal
ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan
kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar.
2)
Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk diadjustment
(diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa
diadjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda
pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah
jawabanjawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan
dan mampu bekerja dalam teamwork.
3)
Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis
yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) anda
dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakanakan seseorang
profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur,
tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan
tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam
hasil tes. Contoh Soalnya:
A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajibankewajiban
A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajibankewajiban
10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan
perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaikbaiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus anda hindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes.
perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaikbaiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus anda hindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes.
Jumat, 18 Januari 2013
Blogger Inspiration Award
Apa kabar sobat blogger?
Semoga dalam keadaaan sehat selalu dan tetap happy blogging aja!
Dalam kesempatan ini, saya mau berbagi award untuk salah satu blogger yang menurut saya berhak
mendapatkannya.
Award apa dan siapa sih yang berhak itu?
Gak perlu panjang lebar nanti bibir saya dower lagi, award ini adalah award
Blogger Inspiration Award, dan yang mendapatkannya adalah tidak lain dan tidak bukan, teman saya sendiri yaitu saudara Andi Yusuf Masalan.
Kenapa dan ada apa sampe bisa dibilang award Blogger Inspiration Award?
Yap saya cuman mau ngasih penghargaan aja sama temen saya yang satu ini, karena berkat dia saya terinspirasi buat ngeblog. Selain itu dia juga sering membantu saya untuk mendesign blog saya. Itulah kenapa saya mau ngasih award ini, yaitu sebagai salah satu bentuk penghargaan saya terhadap dia.
Dan ini dia penghargaannya *Jeng..jeng :D
Selasa, 01 Januari 2013
RESOLUSI 2013 KOMPILASI MIMPI, CITA-CITA, TARGET DALAM DOA DAN KERJA
Resolusi 2013
- Buatlah daftar Doa (Target dan Mimpi) terUpdate untuk 2013
- Rinci tanggal dan bulan pencapaiannya
- Bikin strategi dan langkah pencapaiannya sedetil mungkin. Gunakan strategi *mind mapping* dan buatlah Plan A, B dan C.
- Tuangkan dalam kertas /Print penulisan di atas dan kasih foto setiap target Doa. Misal foto Singapur, Foto Saat Wisuda, Foto Motor Ninja Rr dll
- Tempelkan dengan Jelas di sisi dinding yang sering kita liat saat kita di kamar.
Ust. Yusuf Mansur :
- Buatlah Doa (Mimpi) yang spesifik
- Komuikasikan dengan Allah di waktu-waktu yang baik untuk Doa
- Raihlah mimpi itu dengan Cara2 Allah
- Saat tercapai jadikan mimpi itu sebagai ladang amal menuju ridho Allah
“Strategi
ini mengoptimalkan kita supaya mimpi itu akan tertanam di Alam bawa
sadar kita, berpengaruh pada prilaku termasuk dalam ibadah, kita terus
semangat bekerja karena ada Allah dalam setiap langkah kita”.
Kalau tidak di
kabulkan dalam waktu dekat pasti banyak perubahan positif pada kita dan
itu adalah ibadah dan Saat di kabulkan pada waktunya mimpi itu sebagai
ladang amal menuju ridho Allah.
Strategi
terakhir terus lakukan ibadah-ibadah unggulan yang biasa kita lakukan
(Sholat 5 waktu selalu tepat pada waktunya, puasa sunah, sholat malam,
sedekah dengan hal yang kita sayang)
Ya, perlahan kita harus terus belajar dan berubah.
Setiap tahun baru selalu saja ramai entah di media hingga jejaring sosial dengan kata “Resolusi” atau mungkin pembenahan rencana, strategi juga doa dan cita-cita di Tahun Baru. Sebenarnya apa sih Resolusi itu? Kok seperti sesuatu yang menjadi keharusan bagi sebagian orang untuk membuatnya.
Resolusi ialah ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu. sesuai dengan anjuran rasulallah :
Resolusi ialah ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu. sesuai dengan anjuran rasulallah :
“Hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin”
Sesering
mungkin melakukan afirmasi sebagai berikut: ”Saya memiliki tujuan, saya
jelas tentang apa yang saya lakukan dan mengapa saya melakukannya, saya
berkonsentrasi pada apa yang paling penting. Dengan bantuan Tuhan, saya
dapat menyelesaikan hal- hal besar” (Linda K Popov, 1997).
Awal postingan membahas mimpi kita ke depan dan Hal berikut akan di jelaskan poin-point evaluasi adalah:
- jika kita punya visi yang jelas mengenai apa yang ingin kita capai
- kita tahu persis mengapa kita ingin mencapainya
- kita mengonsentrasikan upaya-upaya kita pada hasil akhir
- menjaga diri dari gangguan dan pengalihan perhatian
- melakukan satu hal dalam satu waktu dan menyelesaikan dulu hal yang sudah kita mulai itu
- kembali ke tujuan semula jika kita sudah agak menyimpang
- bertahan terus sampai kita mendapat hasilnya.
Selamat beresolusi yang bertujuan pada tahun 2013, semoga sukses.
Langganan:
Postingan (Atom)



